JARAK RIAN KOST KE DESTINASI KOTA PALEMBANG



1. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (Jarak Tempuh Hanya 20 Menit)

BANDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN 2
Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II adalah bandara internasional yang berada di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Nama bandara ini berasal dari nama pahlawan nasional Indonesia yang pernah memimpin Kesultanan Palembang Darussalam dalam melawan VOC; yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II.
Bandara ini awalnya dibangun oleh Jepang pada tahun 1942-1943. Kemudian pada tahun 1963, bandara ini menjadi lapangan udara bersama bagi kepentingan militer dan penerbangan sipil. Lalu pada 21 Agustus 1975 bandara ini berubah menjadi Pelabuhan udara Sipil Talang Betutu. Lalu pada 3 April 1985, Bandara ini kembali berganti nama menjadi Pelabuhan Udara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kemudian pada 1 September 1985 nama bandara ini diganti menjadi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Bandara ini resmi menjadi bandara internasional pada 27 September 2005. Saat ini bandara ini memiliki kapasitas 3,4 juta penumpang per tahunnya. Sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 nanti, bandara ini rencananya akan dikembangkan lagi untuk menampung lebih banyak penumpang dan juga menunjang kelancaran acara tahunan tersebut. Jarak tempuh Hanya 20 Menit dari Rian Kost Pakjo

2. Stasiun Kereta api (Jarak Tempuh Hanya 22 menit )
STASIUN KERETA API
Stasiun Kertapati (KPT) adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Kemas Rindo, Kertapati, Palembang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +2 m ini adalah stasiun kereta api terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang. Stasiun Kertapati berada di atas pertemuan Sungai Ogan dan Musi, dan merupakan salah satu dari dua stasiun kereta api yang bertipe terminus (ujung) di Sumatera Selatan. Jalur kereta api dari stasiun ini seluruhnya merupakan rel berukuran 1.067 mm yang termasuk sempit.
Jalur kereta api Prabumulih–Kertapati beserta stasiun-stasiunnya diresmikan pada tanggal 1 November 1915 oleh Staatsspoorwegen op Zuid-Sumatra (ZSS), divisi dari Staatsspoorwegen (SS). Pembangunan diarahkan ke Kota Palembang, dengan dibagi menjadi dua wilayah kerja yaitu Lampung dan Palembang. Pada tanggal 22 Februari 1927 Palembang dan Bandar Lampung akhirnya bisa terhubung, dengan ditandainya peresmian segmen ke arah Blambangan Umpu oleh Kepala Jawatan SS.
Dengan menggunakan lebar sepur 1.067 mm, ZSS berhasil membangun jalur kereta api di rute Palembang–Bandar Lampung sejauh 529 kilometer. Kesuksesan yang diraih SS menginspirasi perusahaan ini untuk menyusun masterplan agar seluruh Sumatera terhubung dengan rel kereta api, namun Depresi Besar (zaman malaise) yang terjadi di akhir dekade 1920-an menyebabkan rencana ini gagal. Jarak tempuh hanya 25 menit dari rian kost pakjo

3. AMEPERA (Jarak Tempuh Hanya 20 menit )

JEMBATAN AMPERA
Jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini dinamakan Jembatan Bung Karno. Pemberian nama tersebut ditujukan sebagai bentuk penghargaan kepada Soekarno yang sudah memperjuangkan keinginan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan di atas Sungai Musi. Namun, Bung Karno tidak setuju dengan pemberian nama tersebut. Maka, jembatan itu dinamakan Jembatan Ampera, sesuai fungsinya yaitu sebagai Amanat penderitaan Rakyat (slogan bangsa Indonesia tahun 1960-an).
Sungai Musi sendiri adalah sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Dulunya Sungai Musi adalah sarana transportasi utama. Di tepiannya, terdapat beberapa obyek wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain.
50 meter dari Jembatan Ampera, ada Pasar Sekanak yang merupakan pusat makanan dan souvenir, di mana kamu bisa kulineran dan beli oleh-oleh. Pasar tersebut merupakan pasar semi modern dan tradisional. Bukan hanya untuk berjualan makanan dan souvenir, tapi Pasar Sekanak juga mengadakan pementasan seni dan budaya secara rutin. Pasar Sekanak sendiri sudah dianggap sebagai Kota Tua di Palembang. Jarak tempuh hanya 20 Menit dari Rian Kost Pakjo

4. Bukit Siguntang (Jarak Tempuh Hanya 15 menit )

BUKIT SIGUNTANG
Bukit Siguntang merupakan bukit kecil dengan tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan laut dan terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara.
Ketika masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat beribadah untuk umat Buddha, juga tempat bertapa agar pikiran tenang. Itu terlihat dari arca berukuran besar di sana.
Hingga saat ini, Bukit Situnggang masih dianggap sakral oleh warga setempat. Masih banyak pengunjung yang datang ke sana untuk berziarah ke makam-makam bangsawan Raja-raja Sriwijaya Palembang. Jarak tempuh hanya 15 Menit dari Rian Kost Pakjo

5.Jakabaring Sport city (Jarak Tempuh Hanya 25 menit )

JAKABARING SPORT CITY
Jakabaring Sport City (JSC) merupakan kompleks olahraga seluas 325 hektar di daerah Seberang Ulu, Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas olahraga, termasuk Stadion Gelora Sriwijaya yang merupakan stadion olahraga terbesar ketiga di Indonesia Gelora Sriwijaya merupakan kebanggan warga Palembang karena merupakan stadiun multifungsi terbesar ketiga di Indonesia. Stadiun ini sering digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan tempat tanding sepak bola. Banyak juga acara yang sudah dilakukan di sana karena tempatnya sangat luas, yaitu mampu menampung kurang lebih 40 ribu orang.
Gelora Sriwijaya juga dilengkapi dengan fasilitas senam, kolam renang, dan landas pacu balap sepeda. Ketika terpilih menjadi tuan rumah PON XVI 2004, Pemerintah Kota Palembang membutuhkan stadion sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga nusantara tersebut. Pemkot Palembang pun lantas memilih sebuah daerah tertinggal di kota itu bernama Jakabaring. Jakabaring dahulu adalah daerah sepi dan ditakuti, sementara sebagian besar wilayahnya adalah rawa. Kesan sebagai wilayah sepi dan rawan kejahatan pun melekat pada Jakabaring. Kawasan yang sempat dikenal dengan sisi negatifnya ini lantas mulai berbenah ketika Pemkot berencana mengubah kawasan yang sebelumnya terkenal dengan hal mistis ini menjadi komplek olahraga baru yang modern dan bertaraf Internasional. Jarak tempuh hanya 30Menit dari Rian Kost Pakjo.

6. RSUP Dr. Mohammad Hoesin (Jarak Tempuh Hanya 15 menit )

RUMAH SAKIT UMUM
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Mohammad Hoesin adalah rumah sakit umum milik pemerintah di kota Palembang, Indonesia. RSUP dr. Mohammad Hoesin melayani berbagai pelayanan kesehatan (rawat inap, rawat jalan, rawat darurat, graha spesialis dan penunjang medis), memiliki 661 tempat tidur dengan karyawan mencapai 1.700 pegawai medis dan nonmedis.
Pada pertengahan tahun 2005, RSUP dr. Mohammad Hoesin berstatus BLU (Badan Layanan Umum) yang sebelumnya merupakan Perusahaan Jawatan. RSUP dr. Mohammad Hoesin berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, Palembang.
Rumah sakit umum ini merupakan pusat rumah sakit di sumatera selatan dan merupakan rumah sakit yang terbesar di indonesia. Jarak tempuh hanya 15 Menit dari Rian Kost Pakjo.
Selain itu, Rian Kost Pakjo juga berdekatan dengan destinasi destinasi berikut ini :
  • Bandara jarak tempuh hanya 20 Menit
  • Kampung Arab Al Munawar jarak tempuh 25 menit
  • RS. Siloam : Jarak tempuh hanya 15 Menit
  • RS Charitas : Jarak tempuh hanya 16 Menit
  • BENTENG KUTO BESAK (BKB) : Jarak Tempuh Hanya 20 Menit Dari Rian Kost Pakjo
  • Pulau Komari : Jarak Tempuh Hanya kurang lebih 50 Menit Dari Rian Kost Pakjo
  • Kampung Pempek 26 ilir :Jarak Tempuh Hanya 15 Menit Dari Rian Kost Pakjo
  • Taman Kambang iwak : Jarak Tempuh Hanya 16 Menit Dari Rian Kost Pakjo
  • Universitas sriwijaya dan POLSRI : Jarak tempuh hanya 15 Menit dari Rian Kost Pakjo
  • Universitas Uin Raden Fatah Palembang : Jarak tempuh hanya 12 Menit dari Rian Kost Pakjo
  • Mall Palembang Square, Mall palembang icon, mall transmart, mall palembang indah mall : Jarak tempuh hanya 15 Menit dari Rian Kost Pakjo
  • Pasar 16 ilir : Jarak tempuh hanya 20 Menit dari Rian Kost Pakjo
  • Gedung Grand Atyasa : Jarak tempuh hanya 4 Menit